Rabu, 17 Agustus 2011

Mahasiswa UNY Membuat Yogurt dari Kulit Pisang

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Tak selamanya limbah kulit buah tidak bisa dimanfaatkan. Kulit buah pisang salah satunya. Kulit buah yang banyak di buang begitu saja ternyata bisa dimanfaatkan dan diolah sedemikian rupa menjadi yogurt yang justru bermanfaat bagi kesehatan manusia.
Adalah empat mahasiswa jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas MIPA dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berhasil mengolah limbah kulit pisang ini menjadi yogurt. Keempat mahasiswa tersebut adalah, Ratna Wirawati, Manna Wassalwa, Zamzam Fatma Ambarsari, Feby Kristifany dan Anita Setyorini.
”Kami memilih kulit pisang untuk dijadikan yoghurt karena selama ini kulit pisang hanya menjadi limbah dari pedagang gorengan dan dianggap sebagai sampah yang tidak ada manfaatnya, tetapi ternyata dapat berubah menjadi komoditas usaha yang menjanjikan” kata Ratna Wirawati, Selasa (16/8).
Menurutnya, kulit pisang ternyata mengandung lemak, protein, dan glukosa yang cukup tinggi. Karenanya saat kulit pisang tersebut difermentasi maka bisa menghasilkan asam laktat yang dihasilkan dari gula susu. "Ini merupakan syarat bahan pembuatan yoghurt,” tandasnya.
sementara itu menurut Manna Wassalwa, kulit pisang mengandung karbohidrat sebesar 18,50 persen, vitamin C, vitamin B, kalsium, protein, lemak, pektin dan air sebanyak 68,90 persen. “Rata-rata setiap 100 gram daging pisang mengandung 70 gram air, 1,2 gram protein, 0,3 gram lemak, 27 gram pati dan 0,5 gram serat," tambahnya. Selain itu kata dia, kulit pisang juga kaya akan potassium yang berguna untuk pertumbuhan, dan juga merupakan bahan yang baik untuk diet karena mengandung kolesterol, lemak serta garam yang rendah.
Hasil penelitian mahasiswa UNY ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2011 bidang Kewirausahaan tahun 2011. Ke depan keempat mahasiswa Fakultas MIPA UNY ini berangan-angan membuat sebuah usaha dari hasil penelitian mereka.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...