Kamis, 28 November 2013

Tips Mengatasi Sering Ngantuk Saat Jam Kerja

gambar ilustrasi mengantuk
Mengantuk disiang hari terasa mengganggu bagi sebagian orang, terutama yang berprofesi sebagai kayawan kantor. Mengantuk dapat mengganggu aktivitas kita. Jika sampai kita keseringan tertidur bisa dicap karyawan pemalas. Banyak faktor yang menyebabkan kita mengantuk disiang hari, diantaranya kurang tidur, makan siang terlalu banyak, atau stress merupakan pemicu ngantuk berlebih.

Lalu bagaimana mengatasi kantuk yang berlebih disiang hari? Untuk mengatasi kantuk berlebih disiang hari cobalah konsumsi salah satu makanan berikut ini

1. Yoghurt

Gula alami dan protein yang terkandung di dalamnya membuat tubuh lebih bugar. Apalagi jika mengonsumsi yoghurt dingin, rasa kantuk bisa langsung hilang. Selain itu, yoghurt bermanfaat untuk kesehatan. Probiotik dalam yoghurt bermanfaat untuk sistem pencernaan.

2. Oatmeal

Oatmeal yang diseduh dengan susu atau air panas dapat meningkatkan energi. Kandungan mineral seperti magnesium dan fosfor dapat mencegah kelelahan. Selain itu kombinasi dari karbohidrat dan serat dapat mengenyangkan perut lebih lama. Campurkan dengan potongan pisang atau stroberi untuk rasa yang lebih enak.

3. Air dan Lemon

Salah satu penyebab utama lelah dan kantuk adalah dehidrasi. Untuk itu, rajinlah minum air putih yang banyak. Anda juga bisa menambahkan lemon, gula dan sedikit garam pada air minum untuk mengembalikan energi. Lemon mengandung elektrolit yang efeknya seperti 'listrik', membuat tubuh lebih segar seketika.

4. Kacang-Kacangan

Sejumlah kacang-kacangan seperti kenari, pisatachio dan almond kaya akan lemak omega 3. Lemak tak jenuh yang dibakar dengan cepat melepaskan tembakan energi. Gula alami dalam kacang juga akan membantu Anda untuk tetap bersemangat.

5. Bayam

Makanan yang kaya zat besi seperti bayam dapat memerangi kelelahan. Kurangnya zat besi atau anemia merupakan salah satu penyebab utama kelelahan. Asupan zat besi akan meningkatkan sirkulasi, yang akan memberikan suntikan oksigen ke otak dan mengalir ke seluruh tubuh yang memberikan energi tambahan.

Sumber : detik.com

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...