Kamis, 29 Maret 2012

Kecewa aksi demo atau unjuk rasa yang berakhir anarkis

BBM Bahan Bakar Minyak seharusnya kita sadar harga minyak pasti akan selalu naik karena  bbm merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Setiap ada rencana kenaikkan selalu diawali dengan demo. Bahkan keputusan kenaikkan belum ditetapkan sudah terjadi demo yang berakhir anarkis. Sungguh sangat disesalkan dengan aksi demo atau unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa dan sekelompok orang penentang kenaikkan bbm yang berakhir ricuh, perusakan, penjarahan dan yang menggangu ketertiban umum. Padahal mereka melakukan aksi itu untuk membela rakyat tetapi yang terjadi malah menimbulkan kerusuhan, melakukan penjarahan, perusakan, dan mengganggu penerbangan.

Apa yang terjadi di ternate - maluku ketika ada pesawat penumpang hendak mendarat, mereka malah masuk ke landasan dan pesawat batal mendarat. Apa jadinya jika terjadi sesuatu dengan pesawat tersebut? didalam pesawat tersebut banyak nyawa tak berdosa. Apakah aksi tersebut harus mengorbankan nyawa tak berdosa? dan masih ada beberapa kejadian yang merugikan masyarakat lainnya seperti kejadian aksi demo merebut ban bekas milik seorang warga hingga terjadi cekcok dan perselisihan.

Mahasiswa merupakan kelompok orang terpelajar seharusnya mengerti, gunakan akal dan pikiran, jangan gunakan otot dan emosi sesaat. Saya sendiri juga mantan mahasiswa, dan saya juga tidak setuju dengan pemerintah yang akan menaikkan BBM. Saya mendukung aksi adik-adik mahasiswa tetapi yang tidak anarkis, tidak mengganggu masyarakat umum yang mencari nafkah, tidak membahayakan keselamatan rakyat. Ayo lakukan demo dengan cara orang-orang terpelajar, jangan mudah terprovokasi. Jika mahasiswa melakukan demo dengan tertib dan tidak mengganggu masyarakat, demo kalian akan mendapat simpatik dan dukungan dari masyarakat luas. Jangan mau dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang ingin menciptakan suasana keruh.

Jika BBM ternyata memang naik juga, mari kita atur keuangan kita, cari pemasukkan tambahan. Kejadian seperti ini tidak hanya terjadi saat ini saja, sejak presiden terdahulu ketika ada kenaikkan BBM juga banyak aksi demo menentang. Dan apa yang kita khawatirkan tidak sepenuhnya terjadi, kita masih bisa hidup dan mencari nafkah. mungkin awalnya memang kelihatan susah dan berat, tetapi jika sudah terjadi? saya dan anda sudah merasakan sendirikan.

Pemerintah harus bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat jika memang BBM tetap naik juga. Berikan kemudahan kepada masyarakat dalam mencari modal untuk UKM, Tingkatkan layanan kesehatan murah untuk rakyat miskin, berikan pendidikan gratis untuk rakyat miskin, Biayai penelitian-penelitian untuk mengembangkan energi alternatif yang dapat diperbaharui, untuk mengurangi ketergantungan kita pada minyak dan gas yang merupakan sumber energi tidak dapat diperbaharui. Perbaiki layanan umum dan infrastruktur.

Demikian sedikit uneg-uneg dari rakyat jelata yang mendambakan kesejahteraan, kehidupan yang tenang dan damai. Bisa menjalankan ibadah dengan khusyu' bisa bersendagurau dengan keluarga.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...