Jumat, 01 April 2011

Ingat, Dilarang Stres di Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta: Termasuk tipe orang yang susah untuk menolak ajakan teman untuk keluar rumah saat akhir pekan? Coba ikuti trik ini dan nikmati akhir pekan yang menyenangkan bagi diri sendiri.

Kita pasti setuju untuk mengatakan akhir pekan atau weekend adalah waktunya memberikan kesenangan bagi diri sendiri. Maklum saja, sepanjang Senin sampai Jumat, kita telah berdedikasi penuh pada pekerjaan.

Tapi pada sebagian orang, akhir pekannya bisa menjadi sumber stres justru karena tidak berani menolak ajakan dari teman atau sahabat. "Hari libur seharusnya menyenangkan dan definisi menyenangkan bukan berarti harus memuaskan semua teman," ucap Marc D. Skelton, PhD., PsyD, psikolog dari Laguna Niguel.

Jika kita terlalu sering memuaskan orang lain tanpa memikirkan kepuasan diri, itu bisa menjadi awal stres saat liburan. Jadi untuk menyelamatkan diri dari sumber stres tersebut, beranilah mengatakan, TIDAK!

Patti Breitman, co-author buku How to Say No Without Feeling Guilty-pun memberikan panduannya kepada kita. Alasan pertama yang bisa kita ajukan adalah, kita sudah merencanakan sesuatu untuk akhir pekan ini. Kita tidak perlu memberikan gambaran detail mengenai rencana yang sudah kita buat.

Tapi jika teman kita terus bertanya apa yang akan kita lakukan, jangan masuk dalam perangkap dan menjadi panik. Biasanya, Breitman menambahkan, saat kita panik yang terjadi berikutnya kita mengeluarkan alasan baru. "Ini justru akan membuat teman kita curiga dan menyakini kita hanya mencari-cari alasan."

Jadi tetaplah konsisten dan tegas menjawab, "Saya tidak bisa datang karena saya sudah merencanakannya jauh-jauh hari." Tak jarang juga undangan datang dari orang yang sudah lama kita rindukan. Untuk situasi ini Breitman menyarankan agar kita mencari tahu apakah acara yang dibuatnya akan dihadiri banyak orang atau hanya orang-orang terdekat.

Jika yang datang hanya orang-orang terdekat, tak ada salahnya untuk memenuhi undangan. Terlebih apabila momen bertemu dengan teman kita tersebut sangat susah dicari. Tapi jangan terbawa suasana, jika dirasa segala kekangenan sudah tertumpahkan maka tak perlu waktu untuk memperpanjang pertemuan. "Tentukan prioritas Anda dan jika prioritasnya adalah menyenangkan diri sendiri di weekend ini, lakukanlah!

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...