Minggu, 02 Maret 2014

Bahayanya Jika Sering Tidur Larut Malam

bahayanya jika tidur terlalu malam atau kurang dari 7 sapai 8 jam
Sudah sepatutnya seseorang menghabiskan waktu tujuh sampai delapan jam dalam sehari untuk beristirahat. Namun, karena kesibukan, tak jarang ada orang yang memangkas waktu tidurnya menjadi kurang dari enam jam. Padahal, jika telat tidur dan bangun dengan kondisi kepala agak pusing, bisa jadi Anda mengalami gegar otak kecil.

Selian itu, banyak efek negatif yang bisa dirasakan jika Anda kurang mendapat waktu istirahat. Dikutip dari Boldksy, Jumat (28/2/2014) oleh detikhealth, inilah dampak buruk bagi kesehatan jika Anda kerap tidur larut malam:

1. Penambahan berat badan
Berat badan berbanding lurus dengan kurang tidur. Jika Anda tidak tidur minimal enam jam semalam, metabolisme lemak akan terganggu. Apalagi jika tidak kunjung terpejam di malam hari, Anda akan cenderung mengunyah makanan tinggi lemak.

2. Sistem imun melemah dan delayed sleep syndrome
Terjaga sampai larut malam bisa mengahancurkan sel-sel darah putih yang berguna untuk kekebalan tubuh. Itu sebabnya tidur larut malam bisa memperlemah imunitas Anda. Jika terlalu sering tidur larut, ada satu waktu di mana Anda akan tidur dengan waktu sangat awal. Hal ini disebut delayed sleep syndrome di mana siklus tidur Anda mulai terlambat.

3.Penyakit jantung dan tekanan darah tinggi
Tidur larut malam yang konsisten membuat Anda rentan terhadap penyakit jantung dan bisa berujung pada stroke. Ditambah lagi dengan tidak mendapat jumlah waktu istirahat yang optimal, tekanan darah akan meningkat karena tidak mendapat istirahat yang cukup.

4. Diabetes
Tidur terlambat bisa merusak hormon di tubuh. Hal ini bisa membuat Anda tidak toleran terhadap glukosa karena jumlah insulin yang dihasilkan tubuh menurun. Akibatnya, diabetes pun berisiko Anda alami.

5. Sakit kepala
Setiap kali Anda tidur larut malam dan bangun dengan perasaan tidak nyaman, itu adalah tanda Anda mengalami gegar otak kecil. Sebab, otak manusia yang sering mengalami guncangan melalui waktu istirahat yang kurang dalam periode waktu tertentu bisa, mengakibatkan kerusakan otak.

6. Refleks lemah
Tidur kurang selama berjam-jam bisa mempengaruhi sistem saraf pusat Anda. Akibatnya, sistem refleks pun akan melemah.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...